Penumpang Berterima Kasih dengan Perubahan Rute Transjakarta

Screenshot_33

Senyum terpancar dari muka Ari (28) waktu ketahui bus transjakarta rute Monas-Ragunan yang dinaikinya telah melintas di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada sekitaran jam 19. 00, Senin (23/10/2017) sore tempo hari. Sekitaran 1/2 jam terlebih dulu Ari naik bus itu dari Halte Tosari yang berada di lokasi Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Untuk ukuran jalan raya Jakarta waktu jam pulang kerja, saat tempuh 30 menit dari Bundaran HI ke Mampang adalah suatu hal yang istimewa. Terlebih di dalam keadaan hujan.

Bus transjakarta sesungguhnya mempunyai lajur spesial yang membuatnya dapat tidak terjerat kemacetan. Tetapi lajur yang di kenal dengan arti busway itu banyak yang dibongkar dalam sebagian bln. paling akhir berkaitan ada project infrastruktur, tidak kecuali di busway koridor enam yang teratur dipakai Ari.

Mulai sejak ada pembangunan terowongan atau underpass di perempatan Mampang-Kuningan, Ari mengatakan saat tempuh dengan transjakarta waktu jam pulang kerja dari kantor menuju tempat tinggal sering menjangkau dua jam, bahkan juga dapat tiga jam. Tempat kerja Ari berada di sekitaran Bundaran HI. Rumahnya di Pejaten, Jakarta Selatan.

” Umum pulang kantor jam 18. 30. Hingga tempat tinggal jam 21. 00 atau jam 21. 30, ” kata dia pada Kompas. com dalam perjalanan dengan bus transjakarta, Senin tempo hari.

Bus transjakarta rute Monas-Ragunan yang dinaiki Ari yaitu bus rute modifikasi yang dioperasikan spesial untuk hindari ruang project pembangunan underpass Mampang. Perihal ini pula yang buat saat tempuh bus dapat lebih cepat.

Dalam perjalanan dengan bus transjakarta pada Senin petang itu, Ari telah turun di Halte Pejaten sekitaran jam 19. 25. Ia menyebutkan suka karna dapat cepat berjumpa dengan istri serta anaknya dirumah.

Ia mengatakan terima kasih pada Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebagai orang yang memberikan instruksi ada rute modifikasi.

” Semoga dapat seperti gini selalu. Dapat cepat, lancar, orang-orang happy. Terima kasih Pak Sandiaga Uno atas instruksinya yang bagus banget, ” ucap Ari.

Keinginan sama juga di sampaikan Panji (34), penumpang transjakarta yang lain yang satu bus dengan Ari.

Waktu turun di Halte Ragunan sekitaran jam 19. 40, Panji berujar umumnya pada saat itu bus yang ditumpanginya masih tetap terjerat kemacetan di sekitaran project underpass Mampang.

Ia memohon supaya rute modifikasi Monas-Ragunan diperbanyak, terutama saat pagi hari.

” Karna barusan pagi belumlah ada. Jadi masih tetap dua jam barusan pagi baru nyampe kantor, ” tutur pria yang berkantor di sekitaran lokasi Bundaran HI itu.

Bus transjakarta rute modifikasi Monas-Ragunan yang ditumpangi Ari serta Panji tiba di Halte Ragunan sekitaran jam 19. 40. Bus pergi dari Halte Monas sekitaran jam 18. 25. Berarti saat tempuh yang di habiskan cuma sekitaran 75 menit.

Pada rute modifikasi Monas-Ragunan, bus tidak melintas di rute reguler yang umumnya, yakni lewat Dukuh Atas-Kuningan, maupun Semanggi-Gatot Subroto. Maksudnya adalah untuk hindari ruang project underpass Mampang yang sebagian bln. paling akhir sudah mengakibatkan kemacetan kronis di daerah itu.

Pada rute modifikasi Monas-Ragunan, bus juga akan melewati Jalan Thamrin serta Sudirman. Saat hingga di Bundaran Senayan, bus juga akan belok kiri melintas di Jalan Pattimura.

Sesampainya di perempatan Mabes Polri, bus lalu belok kiri serta naik ke atas jalur layang koridor 13 di lokasi Jalan Tendean. Waktu hingga di ujung jalan layang koridor 13, bus berputar-putar balik dimuka Gedung Trans serta selalu melintas sampai lalu belok kiri ke Jalan Mampang Prapatan.

Sesudah ada di Jalan Mampang Prapatan, bus selalu melaju didalam busway koridor 6 melewati Pejaten, Jatipadang sampai pada akhirnya hingga di Ragunan.

Terkecuali Monas-Ragunan, ada lima rute modifikasi yang lain yang dilayani transjakarta. Ke-5 rute itu yaitu Pulogadung-Harmoni, PGC-Tanjung Priok, Tanjung Priok-PGC, Cililitan-Dukuh Atas, serta Kampung Rambutan-Kampung Melayu.

Bacalah juga : Modifikasi Rute Transjakarta Mulai Senin Depan, Check 6 Jalur Ini!

PT Transportasi Jakarta meyakinkan rute modifikasi service bus transjakarta masih tetap juga akan jadi bertambah. Ke depan, PT Transjakarta akan sediakan rute yang hindari project pembangunan jembatan layang atau flyover Pancoran, Jakarta Selatan.

Seperti underpass Mampang, project flyover Pancoran juga dinilai menyebabkan kemacetan kronis yang berimbas pada lamanya saat tempuh bus transjakarta.

Rute modifikasi itu bermula dari terjebaknya Sandi serta Gubernur Anies Baswedan dalam kemacetan didalam bus transjakarta waktu meninjau project pembangunan underpass Mampang pada Selasa kemarin. Saat pergi dari Balai Kota, keduanya pilih naik bus tingkat untuk lalu dilanjutkan dengan naik bus transjakarta koridor enam menuju arah Mampang.

Dalam perjalanan menuju Mampang berikut, Anies serta Sandi terjerat kemacetan kronis. Kemacetan berlangsung jadi efek dari project underpass yang menghubungkan Jalan Mampang Prapatan serta Rasuna Said.

Dua hari sesudah momen itu, Sandi memohon PT Transjakarta untuk lakukan inovasi manfaat menangani kemacetan yang berlangsung.

” Sebenarnya servicenya telah cukup baik serta mungkin saja hari ini saya juga akan perintahkan, instruksikan spesial untuk direksi Transjakarta untuk meyakinkan inovasi berfikirnya, ” tutur Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis.

Menurut Sandi, masih tetap ada bus-bus transjakarta yang terjerat kemacetan karna ada sebagian project pembangunan infrastruktur. Hingga rute alternatif mutlak dibutuhkan.

” Mencari rute- rute transjakarta, dapat merekayasa jalurnya agar tidaklah terlalu macet karna ini saat ini kan ada pembangunan enam project besar ini. Be innovative-lah, ” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *